Pages

Rabu, 20 Februari 2013

Kiwi.. Bulat, Kuat dan Memikat


Burung kiwi menjadi maskot nasional negara New Zealand. Bahkan orang di sana suka menyebut dirinya kiwi. Binatang ini punya banyak pesona, karena romantis, setia, juga perkasa.

Duluan binatang atau buah ?
Kata kiwi digunakan senagai nama binatang dan buah. Mana yang lebih dulu menggunakan istilah kiwi ? konon, kiwi digunakan sebagai nama binatang karena kata kiwi mirip dengan suara pejantan binatang itu. Kata kiwi juga digunakan sebagai nama buah karena buah itu punya banyak bulu lembut yang mirip binatang kiwi. Nah, kalau begitu lebih dulu mana pemberian nama itu ?

Romantis dan setia
Pasangan kiwi sangat setia. Mereka kawin hany adengan satu pasangan saja. Mereka berjanji untuk bertemu setiap tiga hari sekali. Mereka tidak kencan di sembarang tempat, tapi di dalam sarang. Pasangan kiwi ini biasanya akan saling memanggil pada malam hari kalau kangen. Wuih, romantis sekaleeee...!

Ibu yang perkasa

Kiwi betina termasuk binatang yang kuat. Ukurannya tak lebih dariayam betina biasa. Namun, bu kiwi sanggup bertelur yang besarnya sampai enam kali telur ayam biasa. WOW! Rata-rata, bu kiwi mampu berletur 100 kali seumur hidupnya. Telur Kiwi sangat besar dan beratnya sampai satu seperempat berat tubuh bu kiwi itu sendiri.

Suami teladan
Begitu telur keluar, pak kiwi mengambil alih tugas bu kiwi untuk mengeraminya. Ia mengerami telur selama 11 minggu. Tapi, ketika bu kiwi datang lagi untuk bertelur, terpaksa pak kiwi nongkrong di sarang terus dan hanya keluar sarang kadang-kadang saja. Pak kiwi pun kadang sampai kurus, lho. Wah, benar-benar suami kiwi yang setia. Hehhee :D

(Sumber : Majalah BoBo)

0 komentar:

Posting Komentar