Pages

Rabu, 30 Januari 2013

Aku Jatuh Cinta...?


Dari buku Ya Alloh, Aku Jatuh Cinta
Karya Burhan Sodiq


Buat Yang masih single :
Cinta ibaratkupu-kupu. Makin kau kejar, makin ia menghindar. Tapi bika kau biarkan ia terbang, ia akan menghampirimu disaat kau tak menduganya. Cinta bisa membahagiakanmu tapi sering pula menyakiti, tapi cina itu hanya istimewa bila kau berikan pada seseorang yang layak menerima. Jadi tenang-tenang saja, jangan terburu-buru dan pilihlah yang terbaik.

Buat yang ragu-ragu dengan pernikahan :
Cinta bukan perkara menjadi “orang sempurna”nya seseorang. Justru perkara menemukan seseorang yang bisa membuatmu menjadikan dirimu menjadi sesempurnanya.

Buat yang sudah menikah :
Kalau cinta jangan katakan “Ini salahmu!” tapi “Maafkan aku,ya?” bukan “Kau dimana!” melainkan “Aku disini kenapa?” dan juga tidak “Coba, seandainya kau. . .” akan tetapi “Terima kasih ya, kau begitu. . .”

Buat yang patah hati :

Sakit patah  hati bertahan selama kau menginginkannya dan akan mengiris luka sedalam kau membiarkannya. Tantangannya bukanlah bagaimana bisa mengatasi melainkan apa yang bisa diambil sebagai pelajaran dan hikmahnya.

Buat yang belum pernah jatuh cinta :
Bagaimana kalau jatuh cinta: Mau jatuh jatuhlah tapi jangan sampai terjerumus, tetaplah konsisten tapi jangan terlalu “ngotot”, berbagilah dan jangan sekali-kali tidak fair, berpengertianlah dan cobalah untuk tidak menuntut, siap=siaplah untuk terluka dan menderita, tapi jangan kau simpan semua rasa sakitmu itu.

Buat yang ingin menguasai :
Hatimu patah melihat yang ka cintai berbahagia dengan orang lain, tapi akan lebih sakit lagi bila kau mengetahui bahwa yang kau cintai ternyata tidak bahagia denganmu.


Buat yang takut mengakui :
Cinta mnyakitkan bila anda putuskan hubungan dengan seseorang. Itu malah lebih sakit lagi bila seseorang memutuskan hubungan denganmu. Tapi cinta paling menyakitkan bila orang yang kau cintai sama sekali tidak mengetahui perasaanmu (terhadapnya).

Buat yang masih bertahan mencintai seseorang yang telah pergi :
Hal menyedihkan dalam hidup ialah bila kau bertemu seseorang lalu jatuh cinta, hanya kemudian pada akhirnya menyadari bahwa dia bukanlah jodohmu dan kau telah menyia-nyiakan bertahun-tahun untuk seseorang yang tidak layak. Kalausekarang dia sudah tak layak, 10 tahun dari sekarang pun dia juga tak akan layak. Biarkan dia pergi. . .lupakan!

Buat yang tipe playboy / playgirl :
Jangan katakan “Aku cinta padamu” bila kau tidak benar-benar peduli. Jangan bicarakan soal perasaan-perasaan bila itu tidak benar-benar ada. Janagn kau sentuh hidup seseorang bila kau berniat mematahkan hati. Jangan menatap ke dalam mata bila apa yang kau kerjakan cuma berbohong. Hal terkejam yang bisa dilakukan ialah membuat seseorang jatuh cinta, padahal kau berniat sama sekali untuk menerimanya saat dia terjatuh. . .

إِذَاأَحَبَّ أَحَدُكُمْ أَخَاهُ فَلْيُعْلِمْهُ إِيَّاهُ
“Apabila seseorang mencintai saudaranya maka hendaklah ia memberitahu bahwa dia mencintainya” (HR Abu Daud dan At-Tirmidzi)
Menurut Ibnu Qayyim, ada 6 peringkat cinta :
Peringkat ke-1 à hak Alloh semata
Peringkat ke-2 à hak Rasulullah SAW
Peringkat ke-3 à antara suami-istri, orang tua-anak
Peringkat ke-4 à sesama muslim
Peringkat ke-5 à cinta pada sesama manusia (pengemis)
Peringkat ke-6 à cinta pada selain manusia (harta)


Apa yang membuat jatuh cinta ??
Karakter
Fisik
Agamanya
Hartanya
Perhatian yang diberikan

Apa tandanya naksir ??
  1. Sering banget telepon dan SMS
  2. Sering minta maaf
  3. Mulai mencoba mengikuti kegemaran
  4. Selalu menyapa duluan
  5. Terlihat gembira sekali saat dekat anda
  6. Sering memberi hadiah

Beda cinta dan sayang. . .
Sebetulnya kedua hal ini adalah bagian yang berkaitan dengan perasaan, afeksi, dan emosi dalam kehidupan manusia. Keduanya adalah bagian penting yang dapat menentramkan perasaan manusia. Hanya saja, masayarakat membedakan “cinta” itu untuk lawan jenis dan “sayang” itu berlaku umum. Jika pembagiaanya demikian, cinta itu mengandung unsur erotis atau gairah sementara rasa sayang umumnya tidak mengandung erotis atau passion.

Dampak cinta bagi kita
  1. Banyak problema cinta yang cenderung menguras energi dan emosi kita, seperti putus, naksir sepihak , ngelaba alias selingkuh, dan konflik dengan pacar atau ortu. Penglaman ini bis amendukung kita menjadi lebih matang atau malah sebaliknya jika belum siap bisa menyebabkan kita menjadi kurang produktif, seperti melamun, malas bergaul, prestasi menurun, dsb.
  2. Perasaan cinta bisa mendukung perubahan perilaku yang progresif. Cinta kadang-kadang dapat memotivasi kita untuk bertingkah laku lebih baik, misalnya seseorang tadinya malas belajar jadi rajin belajar, rajin gaul, dan ikut aktivitas positif lainnya.
  3. Sebaliknya, perasaan cinta juga dapat membuat seseorang malah menunjukkan perilaku yang regresif, ketergantungan pada orang lain, atau melakukan hal-hal negatif yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Misalnya berbohong sama ortu, dsb.
  4. Belajar mengenal dan menerima orang lain dalam kehidupan pribadi.
  5. Jika tak kuat iman, kita bisa terjebak melakukan hubungan seksual sebelum waktunya.
  6. Banyak berfantasi (melamun) yang jika dilakukan berlebihan merupakan tindakan memanjakan diri.

Tipe kepribadiaan
Taylor Hartman (2004) membagi tipe kepribadian menurut 4 aspek dominan di dalam alam, yaitu api-tanah-air-dan udara. Atas dasar ini kemudian ia membedakan 4 tipe kepribadia orang menurut kode warna, yaitu tipe kepribadian merah, biru, putih, dan kuning.
Merah (sifat api) à memiliki semangat yang membara dalam kehidupan;
            Kepribadian merah menjalani hidup dengan penuh kekuatan. Merah sangat berkomitmen pada tujuan dan bertekad menyelesaikan apa pun yang disodorkan kehidupan di hadapannya.
Biru (sifat tanah) à kuat dan teguh dalam pendirian;
Putih (sifat dasar air) à mengalir dan mengikuti arus;
            Biru dan putih sama-sama mampu sangat komit pada satu sama lain. Biru dan putih menghargai rasa aman dan menemulan hubungan dalam komitmen sebagai cara paling alamiah dalam menikmati hidup. Biru cenderung merasakan komitmen emosional yang mendalam pasa orang, sementara putih merasa mudah menerima dan mencintai orang-orang yang dijumpai. Putih toleran dan menerima orang lain. Putih komit tanpa banyak ribut dalam hubungan.
Kuning (sifat angin) à bertiup kesana-kemari;
            Tidak ada kepribadian lain yang mengejar kesenangan selain kuning. Kuning seringkali hidup untuk bermain. Kuning tidak mengerti mengapa ada yang mau komit pada sesuatu yang tidak mengandung kesenangan di dalamnya. Karena menyukai kesenangna dan tidak suka dikekang, kuning jarang mau terikat dalam satu pernikahan.
Kesimpulan dari penjelasan di atas :
  1. Tipe biru dan putih mempunyai komitmen paling tinggi dalam hubungan dengan pasangan. Biru cenderung merasakan komitmen emosional yang mendalam pada orang, sementara putih merasa mudah menerima dan mencintai orang-orang yang dijumpai. Putih toleran dan menerima orang lain. Putih komit tanpa banyak ribut dalam hubungan.
  2. Tipe kuning mempunyai kadar komitmen yang paling rendah, kuning menyukai kesenangan dan tidak suka dikekang.
  3. Tipe merah adalah tipe kepribadian paling rendah keintimannya karena kepribadian merah begitu penuh tekad dan produktif sehingga keintiman diabaikan atau disangkal sebagai bukan hal penting.

Tanda-tanda Jatuh Cinta. . .
  1. Susah memejamkan mata
  2. Perasaan senantiasa berdebar
  3. Suka bertanya kabar
  4. Resah gelisah
  5. Dihinggapi cemburu
  6. Hobi baru, termenung
  7. Selalu ingin bertemu
  8. Rindu, kangen atau apalah namanya
  9. Bergayut ditelepon
  10. Berubah selera
  11. Memberi hadiah
  12. Lebih rajin
  13. Menjaga penampilan
  14. Defensif (pembelaan berlebihan)
  15. Mudah salah sangka
  16. Senantiasa kata “YA”
  17. Siap berkorban
  18. Menjadi orang lain
  19. Selalu inginkan sama
  20. Sumber inspirasi
  21. Bermimpi
  22. Suka memuji
  23. Memberi kenang-kenangan
  24. Bertekad memiliki


Pendam kalau belum siap. . .
  1. Cobalah untuk menghindari ketemu dengan sosok yang kita suka
  2. Sibukkan diri atau jadilah sok sibuk
  3. Hapus memori dengan menyisihkan pemberiannya
  4. Pindah ke kota lain

Jika sudah siap. . .
  1. Nyatakan bila berani
  2. Melalui pihak ketiga
  3. Sebaiknya tidak via SMS
  4. Lanjutkan dengan menikah


0 komentar:

Posting Komentar