Pages

Minggu, 17 Februari 2013

CAPUNG, Mesin Terbang Super Canggih


Capung merupakan salah satu serangga yang sering kita lihat di tempat-tempat tertentu seperti taman atau sekitar rumah. Seperti pada kupu-kupu dan lebah, capung juga mengalami metamorfosis dalam periode kehdupannya. Beanya, serangga kupu-kupu mengalami metamorfosis sempurna sedangkan capung tidak, atau hanya mengalami metamorfosistidak sempurna. Dimulai dari telur kemudian menjadi larva dan akhirnya menjadi capung dewasa yang dapat terbang tinggi.
Sayap capung bagian depan lebih panjang daripada sayap capung bagian belakang. Bentuk sayap seperti ini membuat capung dapat terbang sangat cepat hingga 50 km per jam dan dapat melakukan berbagai manuver di udara muai dari bergerak ke samping, belakang sampai menyusuri suatu permukaan benda. Kelihaiannya dalam terbang tersebut menobatkan mereka sebagai serangga tercepat yang ada di bumi.
Sistem penerbangan capung adalah sebuah keajaiban desain dengan teknologi terbang yang mengalahkan semua mesin buatan manusia. Dengan analisa inilah, desain helikopter Sikorsky yang terkenal di dunia dibuat menggunakan desain capung sebagai model.
Helikopter Sikorsky dirancang dengan meniru rancangan sempurna dan kemampuan manuver dari seekor capung.
Selain itu, tidak kalah menariknya yang terdapat pada capung adalah bentuk matanya. Serangga ini memiliki mata yang besar dengan ribuan lensa yang bersegisegi seperti pada lebah. Dengan mata yang besar, capung dapat melihat ke segala arah. Hal inilah yang membuat kita agak kesulitan ketika ingin menangkap hewan ini walau dari arah belakangnya sekalipun.
Disini, manusia yang berakal pasti akan berfikir. Capung tentu tidak dengan sendirinya mempunyai sisten yang sangat luar biasa seperti yang ia miliki. Lalu, siapakah yang meletakkan sistem penerbangan yang sedemikian mengagumkan pada tunuh serangga ini, yang bahkan para insinyur ahli telah menggunakannya sebagai model? Siapaka h yang melengkapi serangga ini dengan sayap sempurna, motor yang menggerakkan sayap serta penglihatan yang prima? Siapakah pencipta desain yang luar biasa ini?
Tentu saja Allah SWT satu-satunya dzat yang mampu menciptakan makhluk yang begitu mengagumkan. Lebih mengagumkan dari mesin-mesin canggih buatan tangan manusia.
“Dialah Allah, Yang Menciptakan, Yang Menjadikan, Yang Membentuk Rupa. Baginya nama-nama erbaik. Semua yang ada di langit dan di bumimengagungkan-Nya. Dialah Yang Maha Kuasa, Yang Maha Bijaksana”. (QS. Al-Asyr: 24)


(sumber : Majalah OASE ^^)

0 komentar:

Posting Komentar