Pages

Minggu, 17 Februari 2013

Air Sumber Kehidupan


Entah apa jadinya jika di muka bumi ini keberadaan air berkurang, tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan dan tidak berimbangnya kehidupan. Air merupakan salah satu anugrah yang diberikan oleh Alloh SWT pada makhluk-Nya di muka bumi. Betapa tidak, sebagian besar permukaan bumi ini (80%) terdiri dari air seperti adanya laut, danau, sungai, dan rawa. Sebagian lagi (20%) ada di dalam tanah dan atmosfer berupa uap air.
Air, memang tak bisa lepas dari kebutuhan makhluk hidup. Tanaman membutuhkan air untuk memudahkan menyerap nutrisi demi perkembangna pertumbuhannya. Demikian pula halnya dengan manjusia dan hewan darat yang membutuhkan air. Dalam kesehariannya, manusia membutuhkan air.
Ketika mandi atau ketika mendinginkan tubuh saat kegerahan.  Tak hanya itu, ketika masak, mencuci atau membersihkan lantai sekalipun  air senantiasa diperlukan. Ikan akan mati jika diangkat dari air, kodok pun nyaring berteriak menyambut air hujan manakala taah dan rawa kering kerontang.
Air juga membantu angkutan kapal atau perahu yang hendak menyeberangkan muatannya ke tempat lain baik barang maupun manusia serta hewan. Air juga digunakan untuk mengairi sawah dan ladang (irigasi). Air juga berfungsi meningkatkan hasil produksi dalam dunia industri sebagai pendingin mesin. Dan air pula yang membantu berdayanya pembangkit tenaga listrik.
Air bagi manusia tentu sangat penting, terutama bagi kesehatan. Jika kita tidak minum air dalam sehari saja. Tentu tubuh akan mengalami cairan dan dehidrasi. Oleh karena itu perbanyaklah minum air, karena air membantu mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh. Dua organ penyaring racun dalam tubiuh yaitu ginjal dan hati sangat memerlukan air agar dapat bekerja dengan baik. Selain itu air uga membawa nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh.
Air
-          Memiliki nama kimia hidrogen dioksida (H2O). Air terdiri dari dua atom, yakni atom hidrogen dan atom nitrogen.
-          Air adalah satu-satu zat di bumi yang memiliki 3 wujud, yaitu cair, padat, dan gas. Jika suhu udara turun mencapai nol derajat  celcius, air akan membeku yang berubah menjadi es. Jika suhu udara naik sampai seratus derajat celcius, air akan mendidih dan berubah menjadi uap.
-          Berat air yang membeku (es) mencapai 9% lebih ringan daripada berat air. Itu sebabnya es akan mengapung jika berada di dalam air.
-          Air membantu mengatur suhu bumi.
-          97% dari air yang ada di permukaan bumi merupakan air asin (laut) dan 3% sisanya air tawar.
Kandungan air dalam tubuh manusia, hewan dan tumbuhan :
-          Manusia ± 66% (otak 75%, darah 80%)
-          Ayam 75%
-          Gajah 70%
-          Pohon 65%
-          Nanas 80%
-          Tomat 95%
Setiap hari 3 triliyun ton air menguap terkena panas matahari.
Sebatang pohon melepaskan 265 liter (70 galon) air dalam bentuk uap setiap hari.

0 komentar:

Posting Komentar